Kamis , 21 September 2017
Home / PERBANKAN / Shinhan Bank Akuisisi 2 Bank Lokal

Shinhan Bank Akuisisi 2 Bank Lokal

Shinhan Bank
Shinhan Bank

Jakarta – Bisnis888.Com : Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah memproses izin akuisisi saham PT Centratama Nasional Bank oleh Shinhan Bank, anak usaha Shinhan Financial Group, Korea Selatan.

Usai diakusisi oleh Bank Shinhan tahun lalu, Bank Metro Ekspres (BME) akan berganti nama menjadi Shinhan Indonesia. Pergantian nama BME diresmikan hari ini.

Irwan Lubis, Deputi Komisioner OJK, mengatakan porsi saham Bank CNB yang akan diakuisisi Shinhan mencapai 40%. “Nanti dia akan dimerger dalam rencana bisnis yang baru,” ujarnya di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Sebelumnya, OJK telah meluluskan rencana Shinhan untuk mengakuisisi 40% saham PT Bank Metro Express senilai Rp700 miliar. OJK memang meminta investor asing, termasuk Shinhan untuk mengakuisisi dua bank secara bertahap guna mendukung konsolidasi perbankan.

Saat ini, Bank Shinhan Indonesia memiliki 19 kantor cabang di wilayah Jakarta. Bank Shinhan Indonesia telah mempersiapkan kantor pusatnya di gedung Internasional Financial Center Tower 2.

Sebagai tahap awal, tahun 2016 Bank Shinhan Indonesia akan memperluas pangsa pasar dengan memberikan pelayanan keuangan kepada nasabah lokal dan perusahaan yang telah masuk di Indonesia.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan Bank CNB, aset bank yang berkantor pusat di Surabaya itu mencapai Rp1,02 triliun dengan penyaluran kredit mencapai Rp778,5 miliar.

Jumlah modal inti yang dimiliki mencapai Rp134,7 miliar. Di lain pihak, aset Bank Metro Express juga hampir sama dengan Bank CNB sebesar Rp1,01 triliun dengan jumlah kredit yang disalurkan mencapai Rp536,9 miliar. Adapun, total modal inti mencapai Rp214,9 miliar dengan rasio kecukupan modal sebesar 38,19%.

Jika Bank CNB dan Bank Metro Express dimerger, entitas hasil merger diestimasi akan memiliki aset sebesar Rp2 triliun dengan jumlah modal inti sebanyak Rp349,6 miliar.

Selain itu, untuk mempertahankan kompetensi dalam membidik pasar ritel dan bisnis lokal yang akan menjadi pelanggan utama di masa depan, Bank Shinhan Indonesia berencana membangun pondasi pertumbuhan jangka panjang dengan berfokus pada pembangunan infastruktur internasional.

Selain itu perusahaan akan berkomitmen memperluas pangsa pasar lokal dengan memperkuat daya saing yang berbeda pada pasar perbankan ritel sampai tahun 2020 dan memantapkan diri untuk menjadi bank asing terbaik di Indonesia. (rl)

Baca Juga

SURYAMIN, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS). Foto: Investor Daily/DAVID GITA ROZA

OJK: Kualitas Kredit Rentan Memburuk

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan perbankan untuk menjaga kualitas aset kerena hingga kuartal I 2015 gejala pemburukan di beberapa sektor telah tampak.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz