Kamis , 21 September 2017
Home / AGRI / Prospek Industri Kopi

Prospek Industri Kopi

Ilustrasi kopi. sxc.hu
Ilustrasi kopi. sxc.hu

Jakarta – Bisnis888.Com : Direktur Industri Tembakau dan Minuman Kementerian Oerindustrian Faiz Achmad mengatakan industri kopi Indonesia masih memiliki prospek yang sangat baik.

Sebab, sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga dunia luas lahan perkebunan di Indonesia mencapai 1,24 juta hektar, 933 hektar kopi jenis Robusta dan 307 hektar kopi jenis Arabica.

Kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga kini  mengalami peningkatan yang signifikan. Faktor utamanya yang menyebabkan karena adanya perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia dan pertumbuhan kelas menengah.

Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari tujuh persen per tahun. Sedangkan ekspor produk kopi olahan tahun 2015 lebih manis lagi.

Saat ini di Indonesia, industri kopi kebanyakan hanya diolah sebagai bahan makanan dan minuman. Mengingat keterbatasan pengembangan yang terhambat alat produksi dan sumber daya manusia yang miinim.

Karena itu, Faiz berharap agar ke depan industri pengolahan kopi dapat melakukan pengembangan produk kopi tidak hanya untuk minuman tapi dikembangkan ke dalam berbagai jenis lainnya.

“Gaya hidup  yang mendorong volume dan pola konsumsi sehingga pemilik pabrik terus merilis produk terbaru mereka. (rl)

Baca Juga

Labu raksasa

Labu Seberat 2 Ton Tumbuh di California Utara

Suatu organisasi sedang mengatur pengiriman labu kuning (pumpkin) raksasa itu ke New York untuk dipamerkan di kebun raya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz