Kamis , 21 September 2017
Home / EMAS / Perbedaan Karat Emas Dan Carat Berlian

Perbedaan Karat Emas Dan Carat Berlian

Prev1 of 2

Sumber : google
Sumber : google

Jakarta – Bisnis888.Com : Karat emas adalah perhitungan yang dipergunakan untuk menilai seberapa murni kandungan logam emas . Emas 24 karat, berarti kandungan emasnya murni, tanpa ada campuran logam lainya, 100% Au. Emas 24 karat, atau lebih sering disingkat dengan Emas 24K, dan biasa  kita jumpai dalam bentuk batangan

Emas adalah logam yang sangat lunak, yang dengan mudah akan dibengkok-kan atau terkikis jika sering dipegang atau bergesekan dengan benda lainnya. Supaya bisa dipergunakan sebagai perhiasan maka perlu ditambahkan logam campuran ke dalam emas, supaya lebih keras .

Sering kali kita melihat atlet yang menang di Olimpiade, menggigit medali emas yang diperolehnya. Hal tersebut meniru cara tradisional untuk menguji kadar emas.

Jika gigitan tadi meninggalkan bekas di medali emasnya, berarti kandungan emas medalinya tinggi, atau paling tidak mendekati emas murni 24K, meskipun medali emas olimpiade modern bukanlah emas murni 24K.

Biasanya logam emas tersebut sudah dicampur dengan perak atau tembaga untuk lebih menguatkan dan mengeraskannya. Emas 24K adalah 100% Au. Kalau emas 22K, perhitungannya sebagai berikut. (22/24)x100% = 91.6% Au.

Prev1 of 2

Baca Juga

Emas batangan dari berbagai ukuran di stan PT Antam di Jakarta. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

Emas Berpotensi Kembali ke Area 1.242-1.249

Harga emas, Jumat (17/10), masih bergerak mendatar di dekat kisaran penutupan kemarin.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz