Kamis , 21 September 2017
Home / AGRI / Perahu Kayak Dari Labu Raksasa

Perahu Kayak Dari Labu Raksasa

Todd Sandstrum mendayung di dalam labu sejauh 11 kilometer menyusuri Sungai Taunton pada 5 September lalu. Foto: The Enterprise
Todd Sandstrum mendayung di dalam labu sejauh 11 kilometer menyusuri Sungai Taunton pada 5 September lalu. Foto: The Enterprise

Los Angeles  – Bisnis888.Com : Taunton adalah  negara bagian Massachusetts Amerika Serikat. Seorang petani memanfaatkan sebuah labu raksasa  yang dipetik dari kebunnya menjadi perahu kayak.

Ia tak menyangka perjalanannya menggunakan sebuah labu raksasa menjadi berita. Todd Sandstrum pada awalnya mengubah labu raksasa seberat 370 kilogram itu menjadi kayak karena ingin meningkatkan kesadaran anak-anak akan bidang pertanian.

Sandstrum memberitahu koran lokal, The Enterprise, dia berharap aksinya itu dapat meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya pertanian, selain mencoba memecahkan Guinness World Records.

Namun usaha Sandstrum untuk rekor dunia tidak kesampaian ketika juru bicara Guinness World Records, Kristen Ott menginformasikan, tidak ada kategori khusus untuk acara mendayung labu paling jauh.

Todd-Sandstrum-in-Pumpkin
Todd-Sandstrum-in-Pumpkin

Pada 5 September 2015, Sandstrum berlayar dengan labu raksasa yang dalamnya telah dicungkil dan mendayung menggunakan kayuh layaknya kayak. Petani tersebut dikenal sebagai Todd Sandstrum melakukan aksi tersebut di Sungai Taunton dengan mendayung sejauh 11 kilometer dimulai dari Raynham, Massachusetts pada pertandingan South Shore Great Pumpkin Challenge.

Tapi perjalanan itu tidak semudah yang dibayangkan. Sandstrum berharap bisa menempuh 1,6 kilometer di sungai Taunton dalam 90 menit, tapi ia hanya menempuh 90 meter saja selama itu. Ternyata airnya dangkal.

Setelah bersusah payah melawan air dangkal, batang-batang kayu, dan bebatuan sejauh 5,6 kilometer, ia pun pindah ke sebuah ke perahu dan menarik labu raksasanya. Ia masih tidak menyangka betapa sulitnya hal yang dihadapi untuk melakukan semua itu.

Ia tidak menyangka perjalanannya menjadi seheboh ini hingga masuk dalam harian setempat dan jaringan televisi. Bahkan, Discovery Channel di Kanada tak luput menyiarkannya.

Ternyata, petualangannya itu berdampak lebih. “Saya berhasil menyampaikan pesan perihal pertanian. Menggugah anak-anak untuk berani berkotor-kotor dan mengajak orang untuk membeli dan mendukung pertanian setempat.”

Sandstrum rajin menyelenggarakan acara South Shore Great Pumpkin Challenge setiap tahunnya. Kegiatan pria berusia 42 tahun itu adalah untuk mengajak sekolah-sekolah setempat untuk menanam dan memelihara sebuah labu raksasa. (rl)

Baca Juga

Labu raksasa

Labu Seberat 2 Ton Tumbuh di California Utara

Suatu organisasi sedang mengatur pengiriman labu kuning (pumpkin) raksasa itu ke New York untuk dipamerkan di kebun raya.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz