Kamis , 21 September 2017
Home / NEWS / Metropolitan / Makanan Berbahaya Ditemukan Di Swalayan Tebet

Makanan Berbahaya Ditemukan Di Swalayan Tebet

(Foto: Putera Negara/Okezone)
(Foto: Putera Negara/Okezone)

Jakarta – Bisnis888.Com : Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sidak makanan kedaluarsa dan makanan yang tidak memiliki izin edar di sejumlah pusat belanja dan pasar tradisional di kawasan Jakarta.

Sejumlah produk makanan yang mengandung zat kimia berbahaya boraks ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI saat melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Swalayan Gelael, Tebet, Jakarta Selatan.

Kepala BPOM DKI Jakarta, Dewi Prawitasari menyebutkan, dari 27 sampel makanan yang diuji coba, ditemukan dua makanan yang positif mengandung boraks.

Sekitar Pukul 10.00 WIB BPOM dan Polres Jakarta Selatan tiba. Suasana kondusif saat pemeriksaan dilakukan.

Pihak dari pasar swalayan hanya mendampingi BPOM dan Polres Jakarta Selatan saat pemeriksaan sejumlah makanan tersebut. Pemeriksaan itu untuk mewaspasadai sejumlah makanan yang memang menyalahi aturan atau sudah habis masa tanggal Kadaluarsannya.

Dari pantauan di lapangan, diketahui dua makanan yang mengandung zat berbahaya boraks yakni kerupuk puli khas Yogya dan kerupuk puli udang khas Yogya.

Dewi menjelaskan, jika makanan yang mengandung boraks dikonsumsi terus-menerus bisa mengakibatkan berbagai penyakit, gangguan saraf, alergi, dan kanker.

Sebelumnya Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya akan memantau Kementerian Perdagangan dan Badan Pengawas obat dan makanan (BPOM) merazia pasar saat Ramadan

Ketiga institusi itu akan mendatangi pasar tradisional di Ibu Kota. Mereka akan menyita makanan kadaluarsa dan mencegah penimbunan. (rl)

 

Baca Juga

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat memberikan arahan kepada ribuan personel reserse (intel) Polda Metro Jaya, di Ecovention Park Ancol, Jakarta, Selasa (14/10/2014) | Kompas.com/Kurnia Sari Aziza

Sebagai Pemimpin Harusnya Beri Tauladan, Ahok: Saya Mohon Maaf

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Thajaha Purnama alias Ahok mengajukan permohonan supaya dibubarkannya Front Pembela Islam (FPI).

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz