Kamis , 21 September 2017
Home / NEWS / Metropolitan / Jakarta Butuh Tanggul Raksasa

Jakarta Butuh Tanggul Raksasa

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama | Yopie Oscar
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama | Yopie Oscar

Jakarta – Bisnis888.Com : Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan dalam 30 tahun ke depan air sungai tidak bisa lagi mengalir ke laut. Hal itu lantaran muka tanah di Ibukota terus menurun.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memperkirakan bila tak ada proyek giant sea wall atau tanggul laut ‘Garuda Raksasa’ sebagian wilayah DKI Jakarta akan tenggelam karena penurunan permukaan tanah. Berdasarkan perkiraan, Jakarta akan tenggelam pada 2050 atau bahkan bisa lebih cepat dari estimasi.

Turunnya permukaan tanah di wilayah DKI Jakarta karena kegiatan penyedotan air tanah yang cukup besar. “Itu kenapa? karena pengambilan air yang berlebihan karena tidak ada pasokan air yang cukup.

Salah satu cara untuk mengatasinya, dengan membangun tanggul dan pompa. Oleh karena itu dengan adanya proyek Tanggul Raksasa atau Giant Sea Wall alias Tanggul ‘Garuda Raksasa’, maka bisa menekan risiko tenggelamnya Jakarta sebelum 2050. Rencananya akan dibangun sebuah tanggul besar hasil reklamasi laut di pesisir utara Jakarta lengkap dengan pompa raksasa penyedot air ke laut.

“Diperkirakan 30 tahun, nanti semua air sungai di Jakarta tidak bisa keluar ke laut, karena posisi laut tidak pasang pun kita sudah di bawah, karena sungai darat itu tambah turun di utara,” kata Basuki di Balai Kota, Selasa (7/6).

Basuki mengatakan, tanggul laut yang ada saat ini belum memadai. Karena sebagian besar baru setinggi 2,8 meter. Sementara dibutuhkan tanggul setinggi 3,5 meter untuk bisa melindungi dari banjir rob.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pemerintah pusat sudah berencana membangun tanggul tipe A sepanjang 120 kilometer.

“Makanya cara mengatasinya gimana? Sementara pakai tanggul A. Nanti pakai tanggul B dan C. Nah tanggul C itu yang dinamakan Giant Sea Wall,” katanya. (rl)

Baca Juga

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat memberikan arahan kepada ribuan personel reserse (intel) Polda Metro Jaya, di Ecovention Park Ancol, Jakarta, Selasa (14/10/2014) | Kompas.com/Kurnia Sari Aziza

Sebagai Pemimpin Harusnya Beri Tauladan, Ahok: Saya Mohon Maaf

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Thajaha Purnama alias Ahok mengajukan permohonan supaya dibubarkannya Front Pembela Islam (FPI).

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz