Kamis , 21 September 2017
Home / ENERGY / Hati-Hati Dengan Kontraktor China

Hati-Hati Dengan Kontraktor China

Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati
Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati

Jakarta – Bisnis888.Com : Masuknya  kontraktor China dalam proyek listrik 35.000 MW memang perlu diwaspadai oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinasi bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Berdasarkan  pengalaman  listrik sebelumya 10.200 MW, saat mayoritas menggunakan teknologi China yang justru kebanyakan hampir mengalami masalah maintainance,” kata Rizal di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Selain itu, ia juga mengingatkan saat kontraktor asal China juga kerap melakukan kecurangan dalam  membeli suku cadang untuk pembangkit listrik.

“Ini bisa terjadi kalau kita beli barang di China, kita teken mau yang KW 1, tapi mereka deliver hanya KW 2 atau KW 3. Dan orang kita tidak teliti soal spesifikasinya,” tuturnya.

Menurutnya, PLN tidak harus kembali menjalin kontrak dengan perusahaan asal-asalan yang bisa membuat rugi. Jadi lebih baik untuk QC coba kita hire orang orang Jerman atau Austria yang mereka pastikan kualitasnya,” kata Menko Rizal.

Disamping itu  China juga sering mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan pemesanan. Dampaknya, kapasitas listrik yang harusnya 100 persen hanya menjadi 70-80 persen.

Karena itu, Menko Rizal meminta PLN dalam proses tender jangan hanya biaya yang dipertimbangkan. Namun masalah kualitas juga harus dipertimbangkan oleh PLN.

“Buat kita tidak sehat kalau seluruhnya Cina yang pegang. Oleh karenanya kualitas harus jadi faktor tidak hanya biayanya.  Selama ini sitem tender kita hanya biaya saja. Saya rasa harus ada adjustment (penyesuaian) dalam hal kualitas, tutur Menko Rizal.

Kini PLN memperketat seleksi saat memilih kontraktor. Hasilnya, perusahaan asal China tak lagi mendominasi. Pembangkit-pembangkit listrik yang harus dibangun PLN dalam proyek 35.000 MW sekarang paling banyak dikerjakan oleh kontraktor dari Jepang.

Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati, mengungkapkan 41,9% proyek pembangkit PLN digarap oleh kontraktor Jepang, hanya 26% saja yang menggunakan kontraktor dari China.

PLN juga mendiversifikasi kontraktor, tak mau lagi terlalu bergantung pada kontraktor dari negara tertentu seperti saat FTP. (rl)

Sumber : Berbagai Sumber

 

 

 

Baca Juga

Minyak

Kebakaran Hutan Di Kanada Memicu Kenaikan Harga Minyak Dunia

Kebakaran hutan di Kanada yang telah menutup luas kapasitas pasir minyak menyebabkan harga minyak dunia diperdagangan Asia naik sekitar 2%

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz