Kamis , 21 September 2017
Home / TAMBANG / Harga Batu Bara Alami Kenaikan

Harga Batu Bara Alami Kenaikan

(Dok. United Tractors)
(Dok. United Tractors)

Jakarta – Bisnis888.Com : Pada komoditas pertambangan, dalam hal ini batubara, harga secara langsung dipengaruhi oleh kondisi permintaan dan penawaran di pasar global.

Selain itu pergerakan harga energi lainnya, terutama minyak bumi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi harga batubara. kelebihan pasokan batubara dunia yang tidak diimbangi dengan peningkatan permintaan. Hal ini mengakibatkan harga batubara mengalami penurunan.

Harga Batu bara termal di Eropa terus naik pada Minggu terakhir Mei yang lalu. Kenaikan harga itu didorong oleh bertambahnya pemakaian batubara untuk pembangkit tenaga listrik, berkurangnya produksi di Indonesia, serta tingginya permintaan di India.

Batubara yang dikirim ke pelabuhan Amsterdam, Rotterdam dan  Antwerp ditutup dengan harga US$ 49,10 per ton , naik hamper 15 persen dari harga April bulan lalu.

Media berita perkapalan Hellenic Shipping memberitakan bahwa tidak biasanya pemakaian batubara di Eropa mendongkrak harga

Namun kenaikan ini tampaknya dipicu oleh faktor lain yaitu naiknya harga minyak. Harga minyak Brent untuk pengiriman kedepan naik hampir dua kali lipat sejak Januari lalu sehingga berada pada kisaran US$ 50/Barrel.

Peranan minyak dan batu bara di Eropa sama pentingnya yaitu  untuk pembangkit listrik. Pemakaian batubara terus meningkat, lebih tinggi dari rata-rata pemakaian tiga tahun terakhir, menurut Marex Spectron, salah satu perusahaan broker komoditi, dan menurut ramalannya  harga batubara akan terus meningkat.

Kenaikan pemakaian batubara di Eropa dipicu rendahnya produksi listrik oelh energy terbarukan. (rl)

Baca Juga

Ilustrasi Batubara | Energitoday

Penyelundupan Batubara Rugikan Negara US$ 1,5 M per Tahun

Pemerintah akan membangun sistem pengawasan dengan memanfaatkan teknologi guna menekan aksi penyelundupan batubara.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz