Kamis , 21 September 2017
Home / ENERGY / DPR Tolak Kenaikan TDL

DPR Tolak Kenaikan TDL

dok/merdeka.com
PLN /merdeka.com

Jakarta – Bisnis888.Com : PT PLN (Persero) mulai hari ini (1 Juni 2016) kembali menaikkan tarif listrik 12 golongan pelanggan yang mengikuti tarif penyesuaian (adjustment tariff). Kenaikan yang berlaku untuk pelanggan kelompok tegangan rendah, menengah, dan tinggi ini berkisar antara Rp8 sampai Rp11 per kilowatt hour (kWh).

DPR Mengecam Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) terhadap 12 golongan yang mulai berlaku per 1 Juni 2016. Pasalnya, kebijakan tersebut dinilai tanpa melalui pembicaraan dengan DPR.

Karena itu, DPR menolak rencana pemerintah mencabut subsidi dan menaikkan TDL bagi pelanggan 450-900 Kwh. Menurut Mercy Chriesty Barends, anggota Komisi VII FPDI Perjuangan, seperti dikutip dalam rilis yang dikirim ke Infobanknews.com, Rabu, 8 Juni 2016, keputusan pemerintah menaikkan TDL ini tidak pernah dibahas dalam Rapat Kerja Komisi VII dengan PLN.

Bahkan dalam rapat terakhir antara Komisi VII dengan PLN berlangsung pada tanggal 26 April 2016 lalu, tidak ada sedikitpun menyinggung kenaikan TDL bagi 12 golongan.

Dalam rapat yang sama, Dirut PLN menyampaikan perkembangan validasi data pelanggan golongan 450-900 Kwh yang masih disubsidi pemerintah, yaitu sejumlah 480.000 pelanggan.

Pemerintah berniat memangkas 230.000 pelanggan, dengan argumentasi mereka tidak seharusnya mendapatkan subsidi tersebut.  Karena itu, Mercy mendesak pemerintah untuk menjelaskan secara komprehensif kepada publik dan DPR dasar pertimbangan kenaikan TDL terhadap 12 golongan yang mulai berlaku per 1 Juni 2016.

“Saya menolak rencana pemerintah mencabut subsididi dan menaikan TDL bagi pelanggan 450-900 Kwh,” tegasnya.

“Di saat bersamaan masyarakat dihadapkan pada kenaikan harga kebutuhan pokok, sementara tidak ada kebijakan yang menambah penghasilan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mercy mendesak pemerintah untuk melakukan kajian yang lebih komprehensif sebelum memutuskan kenaikan TDL dan memperhitungkan dampak terhadap masyarakat menengah ke bawah.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan pelanggan dalam kategori tersebut adalah masyarakat menengah ke bawah. Karena itu, dapat dipastikan kenaikan TDL akan menambah beban ekonomi, apalagi pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. (rl)

Baca Juga

Minyak

Kebakaran Hutan Di Kanada Memicu Kenaikan Harga Minyak Dunia

Kebakaran hutan di Kanada yang telah menutup luas kapasitas pasir minyak menyebabkan harga minyak dunia diperdagangan Asia naik sekitar 2%

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz