Kamis , 21 September 2017
Home / EKONOMI / Pajak / BPHTB Dihapuskan PBB Dinaikkan

BPHTB Dihapuskan PBB Dinaikkan

 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta – Bisnis888.Com : Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyetujui rencana pemerintah untuk menghapus hambatan di bidang pertanahan dan perumahan, di antaranya yaitu pajak bumi dan bangunan (PBB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menghapuskan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Kebijakan ini akan diberlakukan untuk BPHTB perolehan pertama.

Basuki menjelaskan bahwa akan lebih adil bagi seseorang yang baru membeli tanah untuk pertama kalinya agar tidak dikenakan pajak bea tersebut. Namun, jika dalam kenyataannya di lapangan pemilik itu akan menjadikan tanah tersebut untuk keperluan bisnis, itu akan menjadi hal yang berbeda lagi.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur DKI Jakarta mengatakan, rencana ini untuk meringankan beban warga Ibukota yang ingin mengurus sertifikat.

Sementara itu, rencana penghapusan PBB dan BPHTB bertujuan untuk meringankan beban masyarakat saat akan membeli rumah.

“BPHTB tolong dikaji dan dihitung. Saya ingin BPHTB perolehan pertama dinolkan. Sehingga seluruh orang di Jakarta, mampu ngurus sertifikat, kasihan yang tidak mampu,” kata Ahok seperti dikutip dari website Beritajakarta.com Senin (6/6).

Selain itu, Ahok mengaku akan menaikkan pajak untuk kepemilikan tanah dan bangunan yang kedua dan seterusnya. Tanah- tanah tersebut rencananya akan dikenakan pajak tinggi.

Langkah ini untuk menahan orang untuk memiliki dan menguasai banyak properti di Jakarta. Ahok ingin kebijakan ini bisa diberlakukan mulai 2017 nanti. (rl)

 

Baca Juga

Sumber : Google

Panama Papers, Ada Ratusan Perusahaan Offshore di Australia

Hasil penyelidikan Konsorsium Wartawan Investigasi Internasional (ICIJ), didapatkan bahwa 670 perusahaan di antaranya beralamat di Australia.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz