Kamis , 21 September 2017
Home / EKONOMI / Sektor Riil / Bisnis Ritel Keluhkan Kehadiran E-Commerce

Bisnis Ritel Keluhkan Kehadiran E-Commerce

Bisnis888onlineshop09062016

Jakarta – Bisnis888.Com : Ketua Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengeluhkan, aktivitas jual-beli para pelaku ritel mengalami penurunan secara umum, disebabkan dengan adanya online ini, di bisnis ritel.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang menjamur belakangan ini, ternyata mulai dirasakan dampaknya terhadap para pelaku ritel atau penyewa pusat perbelanjaan di tanah air.

Dia menerangkan, selain menjamurnya bisnis e-commerce, faktor yang membuat bisnis ritel mengalami perlambatan juga dikarenakan adanya penerapan pengawasan terhadap transaksi kartu kredit melalui PMK Nomor 39 Tahun 2016.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang menjamur belakangan ini, ternyata mulai dirasakan dampaknya terhadap para pelaku ritel atau penyewa pusat perbelanjaan di tanah air.

Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro pun mengaku bahwa selama ini telah menerima banyak keluhan dari media cetak terkait penurunan iklan.

Bambang pun mengakui bahwa hal ini disebabkan karena kurang cepatnya respons dari Direktorat Jenderal Pajak. Untuk itu butuh gerak cepat dari Direktorat Jenderal Pajak untuk menyelesaikan persoalan pajak online shop.

Dia juga menambahkan, untuk itu Hippindo mendesak agar pemerintah lebih baik membina masyarakat menggunakan uang, ketimbang menakut-nakuti dengan menerapkan aturan tersebut.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pajak Ken Pudjiastuti mengungkapkan bahwa akan segera menanggapi keluhan ini. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan data perpajakan dari pelaku usaha online shop. (rl)

Baca Juga

Presiden-Joko-Widodo-menyampaikan-pidato-di-depan-para-delagasi-APEC-CEO-Summit-Bisnis888-Kompas-19112014

Dituding Jual Negara ke Pihak Asing, Ini Jawaban Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kritik tajam karena mempromosikan Indonesia dan selalu meminta investasi dari pihak asing untuk masuk ke dalam negeri ketika menjalani lawatan luar negeri pada pekan lalu.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz